PIDATO
“PENERAPAN NILAI SUMPAH PEMUDA
PADA KEHIDUPAN SEHARI HARI”

Selamat pagi,
Puji Syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berjumpanya kita pada kesempatan hari ini, Kepada Bu Christy yang saya hormati, dan juga kepada teman-teman yang saya kasihi. Pada hari ini saya akan membahas sebuah peristiwa penting yang sangat berpengaruh positif bagi Bangsa Indonesia, Yaitu peristiwa “Sumpah Pemuda”.
Saudara saudara, Peristiwa Sumpah Pemuda diperingati sebagai hari Pergerakan  Nasional, sebenarnya apasih yang melatar belakangi Sumpah Pemuda?                                   Penyebab terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda dikarenakan adanya Penderitaan rakyat saat zaman penjajahan yang membuat para pemuda pemudi mendirikan organisasi - organisasi di Indonesia, dulu saat sebelum adanya peristiwa sumpah pemuda banyak sekali organisasi pemuda berbeda beda paham di Indonesia, seperti organisasi Budi Utomo, Serikat Islam, dll. Namun meraka  memiliki tujuan yang sama yaitu lepas dari Para Penjajah. Jika perbedaan paham ini terus berlanjut maka tujuan semua Organisasi tidak akan tercapai.
 Lalu, demi tercapainya tujuan tersebut, para pemuda mengadakan suatu pertemuan bagi para Anggota Organisasi berbeda paham,  guna mendapatkan keputusan untuk mencapai tujuan bersama, singkat cerita bergabunglah para organisasi tersebut menjadi satu Organisasi gunanya adalah membangun persatuan diantara para organisasi, organisasi tersebut dinamakan Organisasi “Indonesia Muda”. Akibatnya, pada 28 Oktober 1928, para Pemuda Pemudi Indonesia bertekat untuk memperkuat proses penguatan konsep kebangsaan Indonesia, dengan membuat kegiatan rapat serta merumuskan keputusan yang dikenal dengan “Sumpah Pemuda” untuk Pergerakan Nasional.
 Peristiwa bersejarah ini perlu kita ketahui agar semangat pantang menyerah  dan rasa cinta tanah air oleh para pemuda pemudi Indonesia zaman dulu dapat terus ada didalam jiwa setiap pemuda pemudi sampai saat ini.
Negara indonesia terbentuk melalui proses yang panjang dan atas dasar kesadaran Nasionalisme para pemuda terpelajar pada saat itu. Jati diri Indonesia dapat muncul ketika banyak pemuda mengecap bangku sekolah dan mampu menumbuhkan kesadaran berbangsa pada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya organisasi kaum muda yang bertujuan membentuk suatu Negara yang Merdeka.
            Dampak yang paling besar dari adanya sumpah pemuda yaitu tercapainya Persatuan Indonesia , rakyat memakai bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional di Indonesia, Indonesia juga menganut paham Nasionalisme, dsb.
            Saudara saudara, Pentingnya sumpah pemuda perlu kita ketahui untuk membangkitkan rasa nasionalisme para pemuda pemudi zaman sekarang, banyak hal yang melandasi pemuda zaman dulu untuk bersatu, mereka percaya bahwa mereka tidak dapat berjuang sendiri untuk memersatukan Indonesia. Jadi semangat persatuan para pemuda zaman dulu perlu untuk di ikuti para pemuda masa kini.
Untuk itu kita perlu menerapkan nilai nilai Sumpah Pemuda di dalam setiap kehidupan kita sehari hari,  yaitu dengan cara: adanya sikap cita tanah air di dalam diri kita, rela berkorban, bekerja keras, menyelesaikan masalah dengan bijak, bermusyawarah, bertanggung jawab, menjaga kerukunan, menghormati orang orang di sekitar kita, bertingkah laku baik, membanggakan negara dengan prestasi, menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, serta bersikap pantang menyerah.
Saudara saudara,pemuda memang harus berperan aktif dalam  kegiatan dimasyarakat, karena pemuda merupakan generasi yang akan membawa suatu kemajuan dan pergerakan suatu negara, untuk itu kita sebagai para pemuda harus menjadi pemuda yang berprestasi perlu adanya jiwa nasionalisme dan persatuan diantara para pemuda Indonesia. Tidak lupa, Sebagai pemuda yang berjiwa positif kita juga perlu manerapkan nilai nilai yang terkandung didalam Sumpah Pemuda.
Demikian  yang bisa saya sampaikan, Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan dampak positif bagi kita semua, saya minta maaf jika ada kesalahan dalam berkata kata, Sekian dan Trimakasih.

Comments

Popular posts from this blog